Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Pada Remaja

Diposting pada

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Pada Remaja,- Para remaja wanita yang mengalami haid pertama kali, pada beberapa bulan selanjutnya siklus haid yang dialami mungkin belum teratur seperti seharusnya. Siklus haid pada remaja putri mungkin terjadi tiga bulan sekali atau mungkin saja lebih.

Dalam ilmu kedokteran, tidak teraturnya siklus menstruasi juga dinamakan dengan istilah oligomenore. Berikut ini beberapa hal penting lainnya yang perlu diketahui mengenai penyebab & cara mengatasi menstruasi tidak teratur pada remaja.

Baca juga : Jamu Pembersih Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret

Istilah Terkait Menstruasi

Hormon di dalam tubuh remaja wanita sangat dipengaruhi oleh keadaan fisik maupun psikis si remaja tersebut. Keadaan stress ataupun kondisi fisik yang mengalami kecapaian akan mempengaruhi produksi hormon di dalam tubuh, sehingga dapat mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Beberapa istilah yang menyertai ketidakteraturan siklus menstruasi dijelaskan dalam beberapa poin berikut ini.

  • Pramenstruasi

Pramenstruasi atau sering kita dengar dengan istilah PMS merupakan sindrom yang dialami oleh wanita ketika menjelang menstruasi. Wanita yang mengalami sindrom tersebut biasanya akan mengalami nyeri pada kedua payudaranya. Otot-otot pada payudara pun terasa lebih kencang di saat-saat PMS ini.

Selain itu, wanita yang mengalami sindrom sebelum menstruasi in juga akan mengalami pusing kepala. Kondisi emosi pada wanita menjelang menstruasi juga akan mengalami naik turun yng sangat drastis. Jerawat yang bermunculan juga merupakan salah satu gejala pada sindrom PMS yang dialami seorang wanita.

  • Amenore

Pada seorang wanita yang mengalami kondisi amenore, seorang wanita tidak mengalami menstruasi sama sekali. Istilah ini berlaku bagi para remaja wanita yang sudah menginjak usia 15 tahun, namun karena kondisi tertentu menstruasi tidak terjadi. Selain juga amenore adalah sebuah istilah kedokteran untuk para remaja wanita yang mengalami siklus haid yang berhenti selama tiga bulan.

Baca juga : Obat Tradisional Kencing Berdarah Pada Pria

  • Dismenore

Kondisi menstruasi yang menyakitkan disebut dengan istilah dismenore. Pada beberapa wanita mungkin mengalami dismenore ketika ia mengalami menstruasi. Pada kondisi seeperti ini, sakit yang tidak tertahankan terjadi pada perut bagian bawah. Rasa sakit ini disebabkan oleh kontraksi otot-otot pada dinding rahim. Obat-obat penghilang rasa sakit ataupun obat anti inflamasi dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dimenore ini.segera konsultasikan pada dokter apabila anda mengalami sakit haid yang berkepanjangan.

Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur maupun sakit saat menstruasi, ada beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobatinya.

Tanaman obat tersebut seperti kulit manggis dan daun sirsak yang diambil hanya ekstraknya saja lalu diolah secara alami tanpa ada tambahan bahan kimia lainnya sehingga sangat aman untuk di konsumsi dan untuk mengatasi haid yang tidak teratur tanpa menimbulkan efek samping apapun yang hanya tersedia di toko obat online +Fahmy Herbal.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Pada Remaja